ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA RUMAH SAKIT MEDIKA DRAMAGA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di RS Medika Dramaga yang terletak di Jalan Raya Dramaga No.KM. 7,3, RT.01/RW.06, Margajaya, Barat, Kota Bogor, Jawa Barat dengan menyebarkan kuesioner kepuasan pelanggan dan kepuasan karyawan. Secara keseluruhan, kinerja perusahaan dari 4 (empat) perspektif balanced scorecard dapat dikatakan baik karena perusahaan dapat mencapai standar yang telah ditetapkan. Terdapat 9 (delapan) dari 11 (sebelas) tolak ukur yang digunakan dengan perspektif balanced scorecard berhasil memenuhi target. Setelah mengkaji keempat perspektif balanced scorecard memiliki keterkaitan yang dapat disimpulkan bahwa customer sangat berpengaruh terhadap kelangsungan kinerja perusahaan dimana kepuasan pelanggan mengakibatkan perusahaan melakukan perubahan atau peningkatan dan melakukan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan. Semakin banyak customer yang menjadi konsumen, maka pelayanan yang dilakukan perusahaan juga semakin bertambah dan perusahaan tidak akan ragu untuk membekali para karyawannya dengan ilmu yang diharapkan akan berguna bagi perusahaan karena hal tersebut secara langsung akan meningkatkan profitabilitas perusahaan yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan.
ABSTRACT
This research was conducted at Medika Dramaga Hospital which is located on Jalan Raya Dramaga No.KM. 7.3, RT.01/RW.06, Margajaya, Barat, Bogor City, West Java by distributing customer satisfaction and employee satisfaction questionnaires. Overall, the company's performance from the 4 (four) balanced scorecard perspectives can be said to be good because the company can achieve the standards that have been set. There are 9 (eight) out of 11 (eleven) benchmarks used from a balanced scorecard perspective that have succeeded in meeting targets. After reviewing the four perspectives of the balanced scorecard which are related, it can be concluded that customers greatly influence the continuity of company performance where customer satisfaction results in companies making changes or improvements and providing the best service for customers. As more and more customers become consumers, the services provided by the company will also increase and the company will not hesitate to equip its employees with knowledge that is expected to be useful for the company because this will directly improve
References
Abd. Wahid dan Imam Suprapto (2012). Dokumentasi Proses Keperawatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Amelia, S. (2019). Balanced Scorecard sebagai Pengukur Kinerja pada RSUD Prof. Dr. MA. Hanafiah MS Batusangkar. Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 5(1), 7-12.
Asyrafunnisa, A. (2019). PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (BSC) DENGAN PEMBOBOTAN AHP (Studi Kasus di Rumah Sakit X, Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA).
Bharata, R. W., Setyorini, D., & Isroah, I. (2019). Penerapan Balanced Scorecard Dalam Mengukur Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 174-189.
Buku Petunjuk Pengisian, Pengolahan, dan Penyajian Data Rumah Sakit. Depkes RI. 2005. Jakarta : Depkes RI. 2005.
Elex Sarmigi, S.E, dkk., (2021). Dasar-Dasar Pengukuran Kinerja Manajemen. Yogyakarta : Buku Pendidikan Deepublish.
Gaspersz, Vincent (2005). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemeritah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hariyani, D. S. (2018). Akuntansi Manajemen. Malang: Aditya Media Publishing.
I Gusti Putu Darya, M.M. (2019). Akuntansi Manajemen. Uwais Inspirasi Indonesia.
Kalpan, Robert S, & Norton. Balance Scorecard. Jakarta : Erlangga.
Mansyur, A., Rudy, M., Suriyanti, S., & Ramlawati, R. (2023). Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Economics and Digital Business Review, 4(1), 398-415.
Marwan, M., & Syahputra, B. (2022). Analisa Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada PT. Sarana Agro Nusantara. IESM Journal (Industrial Engineering System and Management Journal), 3(1), 31-45.
Nurmaulidia, A. S. (2021). Penilaian Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor1171/Menkes/Per/ VII/2011).
PRAWITASARI, S. K. (2022). ANALISA KINERJA ORGANISASI RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 DI RUMAH SAKIT LAVALETTE DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP BALANCE SCORECARD (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
Rahmawati, Merry Rista (2022). Analisis Kinerja Puskesmas Kemalo Abung Dengan Metode Balanced Scorecard Periode 2019-2021. Skripsi. Bogor : Universitas Pakuan.
Sabila, Tasya Adha (2022). ”Implementasi Balanced Scorecard Sebagai Pengukur Kinerja PT Unichem Candi Indonesia”. Skripsi. Bogor : Universitas Pakuan.
Saldiana, Yurinda (2018). “Analisis Penerapan Balanced Scorecard Di Rumah Sakit Umum Daerah Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo”. Skripsi. Malang : University of Muhammadiyah Malang.
Setyawan, D. (2018). Pendekatan Balance Scorecard untuk Pengukuran Kinerja pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12(2), 158-169.
Suci R.M Koesomowidjojo (2017). Balance Scorecard Model Pengukuran Kinerja Organisasi Dengan Empat Perspektif. Jakarta : Raih Asa Sukses.
Suryani, Y. T., & Retnani, E. D. (2016). Implementasi Balanced Scorecard Dalam Pengukuran Kinerja Manajemen Rumah Sakit. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(1).
Utami, Gita Melania (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Penerapan Balanced Scorecard Pada PT. Telkom Indonesia Tbk Pusat. Skripsi. Bogor : Universitas Pakuan.
Zulfajri, R. (2022). EVALUASI KINERJA RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2020 (TINJAUAN BALANCED SCORECARD) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.