PENGARUH LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS DI SEKTOR AUTO COMPONENTS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2023

Penulis

  • Putri Kintani Mashuri Universitas Pakuan
  • Arief Tri Hardiyanto Universitas Pakuan
  • Haqi Fadillah Universitas Pakuan

Kata Kunci:

Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Leverage, Sales Growth, Profitability

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh leverage terhadap profitabilitas, pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas di sektor auto components yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 17 perusahaan dan sampel yang digunakan adalah 6 perusahaan. Metode Analisis Regresi Data Panel dengan alat analisis Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh terhadap profitabilitas, pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap profitabilitas, dan leverage dan pertumbuhan penjualan secara bersama-sama berpengaruh terhadap profitabilitas.

ABSTRACT
This study is to determine the effect of leverage on profitability, the effect of sales growth on profitability in the auto components sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2023. Sampling was done using purposive sampling techniques. The population in this study is 17 companies and the sample used is 6 companies. Panel Data Regression Analysis Method with Eviews analysis tool 12. The results of this study show that leverage affects profitability, sales growth affects profitability, and leverage and sales growth together affect profitability.

Referensi

Afiezan et, al. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Leverage terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur sektor Dagang Besar yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Vol. 14. No. 2. 209-220. (Referensi dari Jurnal)

Anggarsari, L. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Perputaran Modal Kerja dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas (Sektor Industri Barang dan Konsumsi) Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016. Jurnal Ilmu Manajemen. 6 (4). 542-549. (Referensi dari Jurnal)

Anisa, T. D.M. dan Febyansyah, A. (2024). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas. Vol. 8. No. 1. 2621-5306. (Referensi dari Jurnal)

Aziz, R. A. N. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2021). Jurnal Akuntansi. (Referensi dari Skripsi)

Bahri. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis-Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Andi. (Referensi dari Buku)

Brigham dan Houston. (2019). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. (Referensi dari Buku)

Ekawijaya, A. (2020). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (Studi Pada Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). (Referensi dari Skripsi)

Fransisca, E. dan Widjaja, I. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur. (Referensi dari Skripsi)

Hery. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Grasindo. (Referensi dari Buku)

Jumratin et,al. (2022). Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return on Assets (ROA) pada Perusahaan Sub Sektor Semen yang terdaftar di BEI. Jebaman: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi. Vol.1 No. 5, September 2023, Hal. 599-607. (Referensi dari Jurnal)

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. (Referensi dari Buku)

Khasanah, U. A. (2021). Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Perusahaan Plastik dan Kemasan. (Referensi dari Skripsi)

Kusumadewi, R. N. (2022). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahan terhadap Profitabilitas. (Referensi dari Skripsi)

Maulita, D. dan Tania,I . (2018). Pengaruh Debt To Equity ratio (DER), Debt To Asset Ratio (DAR), Dan Long Term Debt To Equity (LDER) Terhadap Profitabilitas. (studi pada perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan danMinuman yang Terdaftar di BEI periode2011-2016). Ejournal Lppm unsera:Jurnal Akuntansi 5 (2). 132-137. (Referensi dari Jurnal)

Shintya, M. N. (2020). Analisis pengaruh Leverage dan pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (Referensi dari Skripsi)

Sukadana, I. K.A. dan Triaryati, N. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food and Beverage BEI. E-Jurnal Manajemen. 7 (11). 6239-6268. E-Jurnal Manajemen. 7 (11). 6239-6268. (Referensi dari Jurnal)

Tania, A. dan Dewi, S. P. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Multiparagdima Akuntansi. Vol. IV. No. 1. 301-309. (Referensi dari Jurnal)

Widhi, N.N. dan Suarmanayasa, I. N. (2021). Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Subsektor Tekstil dan Garmen. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika. Vol. 11 No. 2. 2599-2651. (Referensi dari Jurnal)

Wikardi, L. D. dan Wiyani, N. T. (2017). Pengaruh Debt Equity Ratio, Firm Size, Inventory Turnover, Asset Turnover dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas Perusahaan makanan dan minuman yang Terdaftardi BEI periode 2011-2015. Jurnal Online Insan Akuntansi.2 (1). 99-118. (Referensi dari Jurnal)

Yulianti, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2018. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan2 (1). 8-15. (Referensi dari Jurnal)

Diterbitkan

2024-12-12

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama