IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA PT UNICHEM CANDI INDONESIA

Penulis

  • Tasya Adha Sabila Universitas Pakuan
  • Ketut Sunarta Universitas Pakuan
  • Asep Alipudin Universitas Pakuan

Abstrak

ABSTRAK
Balanced Scorecard memberi perusahaan elemen yang dibutuhkan untuk berpindah dari paradigma “selalu tentang finansial” menuju model baru yang mana hasil balanced scorecard menjadi titik awal untuk review, mempertanyakan, dan belajar tentang strategi yang dimiliki. Sistem balanced scorecard bertujuan untuk memberikan pandangan yang lebih komprehensif kepada para manajer dengan melengkapi ukuran finansial melalui metrik tambahan yang mengukur kinerja di berbagai bidang. Bidang-bidang tersebut adalah kepuasan pelanggan, inovasi produk, dan lainnya. Berdasarkan perspektif keuangan, data diuji dengan menggunakan perhitungan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM), sedangkan berdasarkan perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran & pertumbuhan data diuji dengan menggunakan SPSS versi 28, metode statistik uji kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Secara keseluruhan, kinerja perusahaan dari 4 (empat) perspektif balanced scorecard dapat dikatakan sangat baik karena perusahaan dapat mencapai melebihi standar yang telah ditetapkan. Terdapat 7 (tujuh) dari 8 (delapan) tolak ukur yang digunakan dengan perspektif balanced scorecard berhasil memenuhi target.

ABSTRACT
The Balanced Scorecard provides companies with the elements they need to move from the “always about finances” paradigm to a new model in which the balanced scorecard results become a starting point for reviewing, questioning, and learning about their strategy. The balanced scorecard system aims to provide managers with a more comprehensive view by complementing financial measures through additional metrics that measure performance in various areas. These areas are customer satisfaction, product innovation, and others. Based on a financial perspective, data is tested using Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), and Net Profit Margin (NPM) calculations, while based on a customer perspective, internal business process perspective, and learning & growth perspective the data is tested using SPSS version 28, statistical methods to test data quality using validity and reliability tests. Overall, the company's performance from the 4 (four) perspectives of the balanced scorecard can be said to be very good because the company can achieve beyond the standards that have been set. There were 7 (seven) out of 8 (eight) benchmarks used with a balanced scorecard perspective that succeeded in meeting the target.

Referensi

Amstrong, M. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia.

Arumbarkah, A. M. (2019). Analisis Penilaian Kinerja PT. Bank Bri, Tbk Kanwil Makassar Dengan Pendekatan Balance Scorecard. BJRM (Bongaya Journal of Research in Management), 2(1), 26-36.

Azhimu, Fadli Malik. (2018). Analisis Pengukuran Kinerja PT. Wirakencana Sugihindah Sehati Pekanbaru Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Skripsi, program sarjana UIN Suska Riau, Pekanbaru.

ASDIK, A. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas VIII MTS Nurul Hidayah Kecamatan Gandus Palembang. (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Brigham, H. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Buku 2 Edisi 11 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Carter, W. (2012). Akuntansi Biaya (Buku pertama edisi ke-14 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Hanuma, S., & Kiswara, E. (2011). Analisis Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor). (Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro).

Kaplan, Robert S, & Norton. Balance Scorecard. Jakarta: Erlangga.

Kasmir. (2016). Analisa Laporan Keuangan (Edisi Pertama Cetakan Keempat ed.). Yogyakarta: Rajawali Pers.

Muda, I., Roosmawati, F., Siregar, H. S., Manurung, H., & Banuas, T. (2018). Performance Measurement Analysis of Palm Cooperative Cooperation with Using Balanced Scorecard. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 288, No. 1, p. 012081). IOP Publishing.

Mulyadi. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen (1 ed.). Yogyakarta: Aditya Medika.

Munawir. (2016). Analisa Laporan Keuangan (Edisi Keempat Cetakan KelimaBelas ed.). Yogyakarta: Liberty.

Nasution, N. A. (2021). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Balanced Scorecard Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk-Witel Medan. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Nawawi, Ismail. 2017. Budaya organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Depok: Kencana.

Putri, W. (2016). Analisis Penerapan Balance Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Adhi Karya (Persero) Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. (Doctoral dissertation, Universitas Wijaya Putra).

Quesado, P. R., Aibar Guzmán, B., & Lima Rodrigues, L. (2018). Advantages and contributions in the balanced scorecard implementation. Intangible capital, 14(1), 186-201.

Ramadhani, & Trisyulianti, E. (2016). Perancangan Balanced Scorecard sebagai Pengukuran Kinerja pada PT.

Siswandi, S. (2018). Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Pendekatan Analisa Balance Scorecard (Studi Kasus Pada PT. X Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 7(1), 97-110.

Solihin, D. (2019). Kinerja Keuangan Matahari Department Store Tbk. RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management), 3(1).

Sudaryo, Y. Analisis Balance Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Daya Anugrah Motor Mandiri). Jurnal Indonesia Membangun, 12(1), 1-27.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (IV ed.). Jakarta: Alfabet.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Alfabeta. Bandung.

Tunggal, A. W. Pengukuran Kinerja Dengan Balance Scorecard. Jakarta: Harvarindo.

WIDODO, I., & Rahardja. Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Perusahaan Mebel PT. Jansen Indonesia). (Doctoral Dissertation, Univesitas Diponegoro).

Wiyono, B. B., Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., & Ardiansyah, M. (2019). Implementation of school management based on a balanced scorecard and its relationship with headmaster attributes in Indonesia. Int. J. Innov. Creat. Chang, 5(4), 164-179.

Diterbitkan

2024-01-24

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama