PENGARUH LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE SEBELUM PANDEMI (2019), ERA PANDEMI COVID-19 (2020-2021) DAN ERA NEW NORMAL (2022)
Keywords:
Likuiditas, ukuran perusahaan, financial leverage, profitabilitasAbstract
Profitabilitas mempunyai makna penting bagi perusahaan sebab rasio ini menjadi sangat diperlukan ketika dalam melakukan penilaian kapasitas pada perusahaan. Tingkatan profitabilitas yang tinggi dapat memberikan gambaran mengenai kinerja perusahaan dalam menghasilkan profit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh likuiditas, ukuran perusahaan dan financial leverage terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode sebelum pandemi (2019), era pandemi COVID-19 (2020-2021) dan era new normal (2022). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan likuditas yang dihitung menggunakan current ratio (CR), ukuran perusahaan dan financial leverage yang diukur menggunakan debt on equity ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas yang diukur dengan return on asset ratio (ROA). Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa likuiditas (CR), ukuran perusahaan dan financial leverage (DER) berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA).
References
Adria, C., dan Susanto, L. (2020). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Perputaran Total Aset Terhadap Profitabilitas. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2 (1), 393-400.
Agustin, T. (2020) Pengaruh Likuiditas dan Leverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2019. Skripsi. Universitas Tridinanti Palembang.
Anwar, M. (2019) Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : Kencana.
Brigham, E.F. dan Houston, J.F. (2018) Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.
Dewi, N. G. (2023). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Jurnal Akuntansi Keuangan Vol 8 No 1.
Dwiastuti, D. S., dan Dillak, V. J. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10 (2), 137-145. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Kuningan : Hidayatul Quran Kuningan.
Hery (2018) Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Grasindo.
Kasmir (2019) Analisis Laporan Keuangan. Edisi Revi. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Meidiyustiani, R. (2016). Pengaruh Modal Kerja, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2010-2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5 (2).
Rinawati, A., Agung, P., & Anggraini, N. (2021). Pengaruh Celebrity Endoser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Freshcare di Kota Denpasar. Jurnal EMAS, 2 (1), 98-106.
Sari, N. (2022). Pengaruh Perputran Piutang, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (Pada Perusahaan Sub. Sektor Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indoneisia (BEI) Tahun 2015-2021). Skripsi. Universitas Pakuan.
Warren, Carls S., et al. (2017). Pengantar Akuntansi-Adaptasi Indonesia. Edisi Dua Puluh Lima. Cetakan Keempat. Jilid 1. Salemba Empat. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.